
Tahun 2012 yang lalu dan awal 2013
adalah masa-masa kerja keras bagi tim anti-SPAM Google yang dipimpin
oleh Matt Cutts, dimana mereka sangat sibuk dalam upaya membersihkan
daftar pencarian Search Engine Google dari situs-situs SPAM dan situs
yang berisi konten tidak bermutu. Bagi ‘pekerja’ SEO dan internet
marketer pasti sangat merasakan dampaknya. Ada banyak perubahaan posisi
website di search engine Google, bahkan banyak website yang mengalami
deindex (dihapus dari daftar pencarian Google).
Pada akhir tahun 2012 lalu, salah satu
situs affiliasi Amazon saya juga mengalami dampak yang sangat buruk
akibat perubahan yang significant pada algoritma Google, website saya
mengalami deindex. Kalau sudah begini, tentu trafik ke situs itu akan
sangat berkurang, jangankan berharap ada penjualan… pengunjung yang
datang ke situs itu bisa dihitung dengan jari, mengenaskan memang.
Tapi entah kenapa, saya bukannya malah
bersedih melihat situs saya deindex, tapi justru merasa lebih senang.
Saya berpikir bahwa inilah yang terbaik untuk semua orang, dan memang
sudah saatnya saya membangun sebuah situs yang tidak hanya “money
oriented” tapi lebih memberikan manfaat bagi pembacanya. Dan seharusnya
hanya situs-situs yang memberikan manfaatlah yang layak masuk dalam
halaman utama daftar pencarian Google.
Artikel terkait: Memilih Jasa SEO Indonesia
Saya sempat melakukan analisa tentang
perubahan pada algoritma Google ini. Dan hasilnya saya tetap tidak
menemukan jawaban yang pasti. Namun, saya melihat beberapa kecendrungan
yang dilakukan oleh tim Matt Cutts dalam meng-update algoritma
mereka. Algoritma Google akan terus mengalami perubahan dari waktu ke
waktu dan tidak akan pernah berhenti. Jika saat ini situs Anda “selamat”
dari update Algoritma Google, belum tentu hal yang sama akan terjadi
pada situs Anda di masa-masa yang akan datang. Hal terpenting adalah
tetap mempertahankan kualitas konten di situs Anda dengan
sebaik-baiknya.
Beberapa kriteria situs yang akan menjadi korban update Algoritma Google Panda
1. Memiliki Sedikit Konten
Apapun jenis situs Anda tentunya harus
memiliki konten asli di dalamnya, baik itu konten dalam bentuk text,
bentuk gambar, ataupun dalam bentuk video. Salah satu target utama dari
Algoritma Google Panda adalah situs-situs yang memiliki konten original
yang sangat sedikit di dalamnya. Google Panda juga akan memberikan
peringkat rendah bagi situs yang menggunakan konten-konten yang
berkualitas rendah. Beberapa situs yang memasang iklan terlalu
berlebihan bahkan akan mendapatkan pinalty dari Google, salah satu
contohnya bisa kita lihat dari gambar berikut ini:

Ilustrasi dari SEOMoz.org
Memasukkan konten-konten yang dangkal
dan bias untuk mengisi website Anda adalah sebuah usaha yang sia-sia
karena Google selalu mengutamakan konten-konten terbaik masuk di dalam
halaman utama mereka. Pastikan situs Anda diisi dengan konten yang
berkualitas, memberikan sesuatu yang unik, dan memberikan manfaat bagi
pembaca.
2. Membuat Halaman Ganda Untuk Membidik Keywords Tertentu
Ada beberapa webmaster yang menggunakan
tipuan atau trik tertentu untuk mendapatkan posisi yang bagus di SERP
(search engine result pages) Google, salah satunya adalah dengan membuat
halaman ganda yang identik. Algoritma Google Panda akan memberikan
pinalti pada situs-situs yang memiliki halaman ganda dengan tujuan untuk
membidik keywords tertentu. Salah satu contoh sederhananya, ketika
webmaster membidik kata kunci “sepatu futsal” lalu dia membuat beberapa
halaman yang identik untuk membidik satu keyword per konten, misalnya
“sepatu futsal Nike”, “sepatu futsal Nike murah”, dan “jual sepatu
futsal Nike Murah”. Ini bukanlah sebuah upaya yang baik untuk
memaksimalkan situs Anda karena mesin pencari akan menganggap situs Anda
memiliki halaman yang identik.
3. Memiliki Rasio Iklan Tinggi
Target utama algoritma Google Panda yang
lain adalah situs-situs yang memiliki rasio iklan yang tinggi. Jika
seorang pengguna sebuah situs harus melakukan scroll ke bawah agar bisa
melihat konten asli dari sebuah situs, ini bisa menjadi indikasi bahwa
situs itu memiliki rasio iklan yang tinggi. Dan situs seperti ini sangat
beresiko mendapatkan “murka” dari Google Panda. Salah satu contohnya
bisa kita lihat pada gambar di bawah ini:

Ilustrasi dari Hubspot.com
4. Banyak Halaman Kosong Dalam Situs
Ada banyak penyebab mengapa sebuah situs
memiliki halaman kosong. Diantaranya adalah karena adanya masalah pada
fungsi pencarian internal pada situs itu, atau perubahan dalam situs
yang mengakibatkan error dalam situs tersebut dan tidak diperbaiki oleh
webmasternya. Membiarkan halaman kosong atau halaman error adalah faktor
lain yang bisa mengakibatkan sebuah situs mendapatkan hukuman dari
Google Panda. Untuk membantu memperbaiki masalah ini, webmaster situs
tersebut harus melakukan perbaikan-perbaikan pada situs tersebut secara
manual sampai selesai, atau bila memang diperlukan pemiliki situs perlu
menyewa seseorang yang memang ahli dibidang itu.
5. Praktek Membeli Link
Google sudah menjelaskan di dalam TOS
Google Webmaster Tools bahwa praktek jual beli link yang bertujuan untuk
meningkatkan peringkat situs di SERP Google adalah dilarang. Dan bagi
siapa saja yang ketahuan melakukan praktek ini kemungkinan besar
situsnya akan mendapatkan penalti dari Google. Biasanya praktek menjual
link banyak dilakukan oleh para blogger untuk mencari penghasilan
tambahan dari blog mereka, namun mereka tidak memperhatikan konten dalam
situs mereka dan tidak memperhatikan situs yang diberi outbound link.
Banyak orang yang sudah menyerah pada praktek jual beli link karena
sudah dilarang oleh Google, namun masih banyak juga webmaster yang tetap
melakukan praktek jual beli link. Tanpa bermaksud untuk menghakimi,
saya ingin mengatakan bahwa praktek seperti ini adalah salah satu bentuk
blackhat SEO, dan Anda harus siap dengan segala resiko yang ada.
Beberapa cara untuk menghadapi update Algoritma Google
Beberapa orang mencoba mencari jalan
keluar dengan cara menggunakan trik-trik tertentu yang tidak sesuai
dengan TOS Google agar tetap terhindar hukuman Google Panda. Mungkin
selama ini mereka bisa berhasil mengelabui robot Google, tapi menurut
saya, itu adalah tindakan yang sia-sia karena akan ada saatnya trik
mereka akan ketahuan dan akan mendapatkan hukuman yang berat yang sangat
merugikan.
Berikut ini adalah beberapa tips yang
harus kita ingat dan lakukan agar situs kita selalu siap menghadapi
setiap perubahan algoritma mesin pencari, terutama Google:
1. Mengganti Konten Yang Kurang Baik
Buatlah konten Anda menjadi lebih baik,
ganti semua konten yang menurut Anda tidak memberikan informasi yang
bermanfaat atau terlalu singkat. Untuk mengidentifikasi apakah sebuah
konten bisa dikatakan punya value, Anda bisa melihat jumlah pembaca yang
telah membuka dan membaca konten tersebut (untuk situs WordPress bisa
dengan menggunakan bantuan plugins “Count Per Day”). Bila pembaca konten
tersebut sangat jarang atau dibaca dengan waktu yang sangat singkat
maka sudah bisa diindikasikan sebagai konten yang tidak baik. Buatlah
konten tersebut menjadi sebuah konten yang lebih berguna bagi pembaca
Anda dengan menambahkan konten yang unik di dalamnya.
2. Buat Rasio Iklan Yang lebih Baik
Jika saat ini situs Anda tidak memasang
iklan maka lupakan langkah ini dan lanjut ke langkah berikutnya. Namun,
jika situs Anda memasang iklan, coba perhatikan lagi penempatan iklan di
dalam situs tersebut. Saya pribadi tidak menyarankan penggunaan iklan
“above the fold” (iklan persis di atas konten), tapi jika Anda memang
menggunakannya sebaiknya gunakan bentuk iklan yang tidak terlalu besar
sehingga pembaca bisa langsung melihat konten di dalam situs Anda tanpa
harus melakukan Scroll ke bawah. Anda harus menyadari fakta bahwa user
datang ke situs Anda karena ingin membaca konten Anda, karena itu
pastikan memberikan keinginan mereka dengan mudah.
3. Lakukan Maintenance Situs Secara Berkala
Bila saat ini Anda memiliki sebuah situs
yang besar dengan jumlah pengunjung yang banyak, maka Anda perlu
melakukan maintenance pada situs tersebut secara berkala. Terkadang
sebuah situs memiliki masalah dengan munculnya error, halaman kosong,
broken link, dan masalah lain yang bisa mengurangi kualitas situs
tersebut di mata search engine ataupun user. Itulah sebabnya Anda perlu
melakukan audit pada sebuah situs secara berkala, untuk menemukan
halaman yang kosong, link yang rusak, dan lain-lain. Jika Anda tidak
sanggup melakukannya sendiri, ada baiknya menyewa jasa seseorang yang
ahli dalam hal ini.
4. Memposting Konten Bermutu
Pemiliki situs harus menyadari bahwa
sebuah konten yang baik adalah konten yang memberikan value kepada
pembacanya. Karena itu, pastikan bahwa konten yang akan dipublish adalah
konten yang memang berguna bagi pembaca situs Anda. Jangan memaksa
untuk memasukkan keyword di dalam konten hanya untuk mengejar posisi
yang baik di SERP Google untuk kata kunci tertentu karena perilaku
pengunjung di dalam sebuah website juga bisa mempengaruhi SEO sebuah
website. Jika konten Anda disukai oleh pembaca – dapat kita lihat dari
jumlah share, like, dari media sosial – maka saya yakin bahwa situs Anda
akan aman dari “amukan” algoritma Google.
5. Hindari Jalan Pintas
Search engine Google selalu memberikan
penalti pada situs-situs yang mengambil jalan pintas dalam mencapai
peringkat yang baik di mesin pencari. Mengambil jalan pintas biasanya
dilakukan oleh webmaster yang ingin membuat peringkat sebuah situs
menjadi lebih baik dengan cara-cara yang tidak disarankan, misalnya
dengan spam links, pertumbuhan like dan share di media sosia dengan
tidak wajar, dan lain-lain. Algoritma Google bisa membaca perilaku
pengunjung sebuah situs, sehingga mereka juga akan mengetahui apakah
konten di situs tersebut layak dibaca atau tidak.
Artikel terkait: Penyebab ranking website merosot
Algoritma Google Panda biasanya
memberikan pinalti secara menyeluruh pada sebuah website. Yang artinya,
jika di dalam sebuah situs terdapat beberapa konten yang buruk maka atau
bahkan sangat buruk, maka Google akan memberikan penilaian buruk pada
situs tersebut secara keseluruhan. Mungkin kita bisa memperbaiki
beberapa konten yang buruk tadi, namun akan lebih mudah bila kita
memastikan dari awal apakah konten tersebut adalah konten yang
memberikan value pada pembaca atau tidak sebelum memutuskan untuk
mem-publish nya.
Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Sri Rahayu asal Surakarta, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil di daerah surakarta, dan disini daerah tempat mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-1144-2258 atas nama Drs Muh Tauhid SH.MSI beliaulah yang selama ini membantu perjalanan karir saya menjadi PEGAWAI NEGERI SIPIL, alhamdulillah berkat bantuan bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI SK saya dan 2 teman saya tahun ini sudah keluar, bagi anda yang ingin seperti saya silahkan hubungi bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI, siapa tau beliau bisa membantu anda
BalasHapus